February 19, 2012

How to be Reporter


Langkah-langkah Menjadi Reporter
Reporter adalah seseorang yang melaporkan suatu kejadian aktual yang biasanya kita lihat dalam berita di TV baik secara Live maupun Off-air. Ada banyak cara untuk menjadi reporter yag baik, diantaranya:
1.       Tingkatkan kemampuan komunikasi. Untuk menjadi reporter yang baik anda dituntut untuk membaca, menulis, berbicara dan mendengar. Anda juga dituntut untuk mampu memberikan perntanyaan yang baik dan benar.
2.       Baca, tonton/ pantau, dan ikuti berita aktual. Perhatikan bagaimana sebuah cerita/ berita dikerjakan. Perhatikan apa yang membuatnya bagus atau tidak.
3.       Bawa buku catatan atau jurnal untuk mencatat apapun yang dirasa penting.
4.       Catat berbagai fakta tentang berbagai cerita/ berita.
5.       Hindari pendapat pribadi.
6.       Mulai suatu berita dengan 5W+1H (who, what, when, where, why and how). Bangun dan ciptakan sebuah berita yang detail dari hal-hal tersebut, mulai dari hal/ informasi yang paling penting sampai ke hal-hal yang tidak penting.
7.       Cari berita/ cerita yang menarik.
8.       Mulai dari daerah di sekitar kita.
9.       Kunjungi dan hadiri brbagai acara.
10.   Mulai dengan menulis free-lance.
Yups, itulah beberapa langkah untuk menjadi seorang reporter. Masih ada dan banyak lagi langkah-langkah yang bisa dilakukan untuk menjadi seorang reporter yang luar biasa. Nantikan tulisanku yang berikutnya ya.

0 komentar:

Post a Comment