March 5, 2012

Get Your Dreams, Beasiswa dan Berprestasi



Hi..hi..hi... Pakabar nih sahabat? :D
Semoga keberkahan dan rahmat.Nya selalu menaungi kita..aamiin
Sedikit mau berbagi nih,,
Saya lahir dan besar di Bumiayu, Sulung dari 3 bersaudara. Yups, anak PERTAMA.. :)
Banyak yang merasa jadi anak pertama itu bebannya berat, harus baik dalam segala hal agar bisa jadi panutan  bagi adik-adiknya. Hmmm,, awalnya sih saya juga merasa seperti itu. Pernah suatu waktu saya protes terhadap Mamah: "mah, kenapa sih aku harus ranking 1 terus?? harus jadi bintang kelas terus?? gak boleh kalau gak ranking,, aku kan capek mah. Adek aja gak ranking gak apa-apa. Tapi kalau aku yang gak ranking pasti dimarahin, gak boleh main selama liburan, harus belajar dan belajar". Kemudian mamah menjawab: "kalau hal baik yang sudah kamu dapatkan ini lebih susah dipertahankan dari pada diraihnya, kenapa harus melepaskannya begitu saja?? Kalau kakaknya saja yang sudah biasa ranking dan berprestasi adiknya belum tentu bisa sama, apalagi kalau kakaknya yang malas belajar, tidak pernah berprestasi bagaimana adiknya mau mencontoh atau menjadikan kakaknya panutan??? siapa lagi yang jadi panutan bagi adik kalau bukan kakaknya.. :D"

Hmmm,, sejenak merenung, benar juga ya. Kalau bukan saya, siapa lagi yang mau jadi suri teladan yang baik bagi adik saya dalam hal pendidikan, sedangkan orang tua lulus SD saja tidak. Tapi merekalah orang tua luar biasa, orang tua juara 1 di seluruh negara di dunia ini yang mengantarkan saya meraih segala prestasi dan keberhasilan dalam hal pendidikan, bahkan dalam setiap langkah hidup saya. Bukan harta yang mereka bekalkan untuk anak-anaknya, namun ilmu yang bermanfaat yang diharapkan dapat mengangkat harkat, derajat dan martabat orang tuanya. Hanya kebanggaan dan kemampuan berdiri di atas kaki sendirilah yang diinginkan orangtua saya dari kami (Ria, Dewi dan Agung). Agar kami mampu bertahan melawan kerasnya kehidupan yang penuh cobaan dan ujian. Terimakasih Tuhan, Engkau telah mengaruniakan hamba orang tua dan adik-adik yang luar biasa.

Keluarga saya bukanlah dari kalangan orang berada/ kaya, namun semuanya serba berkecukupan. Sekolah di sekolah terkenal dan favorit rasanya seperti ingin memetik bintang di langit yang jaraknya berjuta kilometer, nyaris mirip dengan pungguk yang merindukan bulan. Tidak mudah untuk diwujudkan, namun saya BISA mewujudkannya sampai di perguruan tinggi. "Merdeka, merdeka, merdeka...", kata Bapak disetiap kali menelepon saya setelah mendengarkan berita kelulusan dari saya. Betapa senang beliau mendapati anak perempuannya kini telah bergelar sarjana. Suaranya yang parau di ujung telepon sana menandakan beliau tidak lagi muda, kini uban dikepalanya tumbuh subur mengalahkan dominasi si hitam. Hanya satu hal yang saya inginkan, melukis senyuman di wajah dan hati mereka, Mama dan bapak.


Alhamdulillah, sejak SD, SMP dan SMA saya selalu mendapatkan beasiswa. Baik dari pemerintah maupun yayasan karena prestasi yang saya raih. Dengan begitu saya berharap tidak terlalu membebani mamah dan bapak dengan biaya pendidikan. Masuk perguruan tinggi pun saya mendapatkan beasiswa BMU dari Dikti. Mulai dari pembelian formulir SNMPTN sampai pembayaran uang pangkal di perguruan tinggi. Begitu besar karunia.Nya. Tidak hanya sampai disana, sejak semester 3 sampai kelulusan saya di UPI pada bulan Desember 2011, saya masih mendapatkan beasiswa. Diantaranya:
  1. Beasiswa Prestasi Dikti 2008-2009
  2. PPA (Peningkatan Prestasi Akademik) tahun 2009-2010
  3. Beasiswa Mandiri DPU DT 2011
  4. Beasiswa Berprestasi Pribadi Bilingual Boarding School 2011-2012
  5. PPA (Peningkatan Prestasi Akademik) tahun 2011-2012
Kata siapa kuliah di perguruan tinggi terkenal bahkan yang berada di luar negeri itu susah, bahkan tidak mungkin? Kalau kita berusaha dengan maksimal, berdoa dan menyerahkan.Nya pada Tuhan akan hasilnya, saya yakin sahabat bisa meraih setiap impian yang diharapkan. Sudah banyak tersedia beasiswa bagi mereka yang tidak mampu dan berprestasi.
Nah, bagi sahabat-sahabat yang kurang mampu dan baru saja lulus SMA, MA, SMK dan yang sederajat lainnya, lulus S1 atau sudah PNS dan yang mau lanjut jadi Doktor, saya punya nih beberapa informasi tentang beasiswa baik untuk S1, S2 dan bahkan S3:
  1. Bidik Misi
  2. Beasiswa Rusia
  3. S2 CIO dan Komunikasi Kementerian Komunikasi dan Informatika
  4. PPA dan BBM
  5. All Dikti's Scholarship
  6. Beswan Djarum
  7. Super Semar
Semoga informasi tentang beasiswa ini bisa bermanfaat. Masih banyak lagi yang lainnya, kita sambung di lain kesempatan ya.. :D
Selamat BERPRESTASI dan menaklukan dunia di tangan kita.

0 komentar:

Post a Comment